Yamaha Jupiter MX 135LC Juara 1 D-Event

Motorplus - Kamis, 28 Januari 2016 | 06:10 WIB

Awal 2016 jadi permulaan yang baik buat punggawa-punggawa dari Duffy Duck Motor (D2M) yang bermarkas di Jl. Raya Kapin, No. 1, Kalimalang, Jakarta Timur. Pasalnya, Yamaha Jupiter MX 135LC garapannya yang turun pertama kalinya ini, langsung sabet podium tertinggi. Itu terjadi di kelas OMR Jupiter MX di ajang D Event pada (27/12) lalu, di Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat.

Mari diintip spesifikasi motornya, bro Yamaha Jupiter MX 135LC juara 1 D-Event!

KAPASITAS SILINDER. Untuk meningkatkan performa Yamaha Jupiter MX 135LC supaya bisa juara 1 D-Event, Achmad Junaidi mengaplikasi paketan blok dan piston dari KTC Racing yang punya ukuran diameter piston 62 mm. Jika dihitung rumus, kapasitas silindernya jadi 177 cc. Piston yang digunakan punya bentuk rata alias flat tanpa dome, sedangkan mendem piston dengan bibir blok sebanyak 0,8 mm. Jika diburet, didapat rasio kompresi 12 : 1.

HEAD SILINDER. Guna mengimbangi kapasitas silinder yang bengkak, klep in diubah jadi 21 mm dan ex 19 mm. Sedangkan durasi kemnya, bermain di 255° untuk in dan ex 260°. “Hitungannya, klep in terbuka 25° BTDC (sebelum TMA) dan menutup di 50° ABDC (setelah TMB). Sementara, kem ex membuka 52° BBDC (sebelum TMB) dan menutup di 28° ATDC (setelah TMA). Sedangkan tinggi angkatan kemnya, untuk in 8,2 mm dan ex 8,1 mm,” beber Achmad Junaidi yang mekanik dari D2M.

KARBURATOR DAN FINAL GIR.    Part pengkabut bahan bakar standarnya diganti menggunakan keluaran dari Keihin PWK Sudco berventuri 28 mm. Sedangkan untuk setingan spuyernya, menggunakan pilot jet 50 dan main jet 125. Untuk final girnya, 13-45 mata dirasa cocok untuk melibas trek Sentul Karting oleh Angga TB selaku joki. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi:

Ban depan     : FDR 90/80-17

Ban belakang  : FDR 90/80-17

Knalpot       : TDJ

Sok belakang  : KTC Racing

CDI           : BRT

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular