Loh Kok Nih Modifikasi Honda CG 100 Disebut JayStyle?

Motorplus - Jumat, 29 Januari 2016 | 10:40 WIB

Kustom kultur dari negeri Matahari terbit alias Jepun, lebih sering jadi idola. Tapi, di rumah modifikasi Ronda Motor (RM) asal Jayapura, Papua pada Honda CG 100 ini, agak bergeser. Mereka tra mo (tidak mau) tiru yang banyak dilakoni builder lokal. Melainkan buat gaya sendiri. Bisa disebut ini Jaystyle alias Jayapura Style, bukan Japstyle! Hehehe…

RANGKA BANGUN ULANG. Untuk modifikasi Honda CG 100 disebut JayStyle, Buyung, builder Ronda Motor yang memang juga doyan ronda di malam hari, rancang ulang sasis. “Kami bangun dari awal pakai pipa seamless yang diameternya sama dengan rangka asli CG. Sasis bawaan CG yang diambil cuma komstir dan dudukan mesin bagian belakang,” beber Buyung.

Konstruksi sasis modifikasi Honda CG 100 disebut JayStyle dirancang unik. Terutama pada bagian mainframe, dari komstir ke jok. “Modelnya pakai dua pipa atas-bawah, yang ditekuk agak melengkung. Senegaja tengahnya dibikin kopong untuk diselipkan tangki model teardrop,” imbuhnya.

JOK NGAMBANG. Desain jok modifikasi Honda CG 100 disebut JayStyle pun tak kalah unik, seolah-olah terlihat ngambang Buyung memanfaatkan jok sepeda. Dipasang mati pada dudukannya yang nyambung dari mainframe.

SUSPENSI. Swing arm boleh bikin sendiri alias handmade, dengan konstruksi melengkung dan melancip di dekat poros roda belakang. Agar secara keseluruhan, konstruksi sasis seperti mengalir harmonis dari depan ke belakang. Gaya ini sering diaplikasi di modif HD chopper.

Trus, agar ayunan belakang tetap nyaman dan empuk, Buyung menyematkan sebuah sok belakang motor bebek yang dikustom ulang. Sementara untuk meredam ayunan depan, ia menancapkan sokbreker Yamaha Byson.

PELEK LEBAR. Biar bisa aplikasi ban selebar 120/70-17 di bagian belakang dengan tetap menggunakan pelek standar CG, Buyung belah bagian tengah pelek. “Lalu disambung pakai plat besi selebar 3 cm. Sehingga lebar peleknya kini jadi 4,5 inci,” terangnya. Wuiihh.. boleh juga akalnya! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : IRC, 90/80-17

Ban belakang : IRC, 120/70-17

Setang : Yamaha RXZ

Knalpot : Handmade

Rem belakang : Disc Brake Shogun

Lampu depan + belakang : Variasi LED  

Ronda Motor : 0812-4006 8595

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular