Harley Davidson Sportster Springer Dari Yamaha Scorpio

Motorplus - Jumat, 29 Januari 2016 | 19:00 WIB

Motor ini hasil garapan modifikator asal Tangerang, Banten. Namanya Abdul Rajat dari bengkel Ajat Customz (AC) di Karang Mulya, Tangerang. Katanya mengubah total sosok Yamaha Scorpio milik Kang Kendi, butuh waktu tidak sedikit. Pasalnya, untuk menerapkan konsep ala Harley Davidson Sportster springer, kudu ekstra teliti. Terutama kala garap suspensi depannya.

“Menghabiskan hampir 2 bulan. Tapi, hasilnya cukup memuaskan. Mantap deh buat seru-seruan saat weekend. Rencananya mau diwariskan juga ke anak, hehehe..,” tutur Kendi yang ngendon di Karang Mulya, Tangerang.

RANGKA. Karena mempertimbangkan kekuatan untuk Harley Davidson Sportster springer dari Yamaha Scorpio, sang builder masih mengandalkan sasis bawaan motor. Terutama main frame. Namun untuk menyesuaikan konsep, beberapa bagian didaur ulang pakai pipa seamless ukuran 22 mm. Atara lain downtube sedikit dipapas 3 mm, agar kemiringan di zona depan bisa pas memakai springer. Trus, rangka buritan dipotongan sekitar 20 cm, biar bisa terapkan single seat

SPRINGER. Meniru gaya Harley Davidson Sportster springer, suspensi depan dirancang mirip kayak motor asal negeri Barack Obama itu. Kang Ajat, sapaan karib Abdul Rajat, mengkustomnya sendiri dari bahan pipa ukuran 2,5 cm. “Detail springernya memang dibikin semirip mungkin dengan Sportster,” ucap Ajat yang ikut di komunitas Kustom Hore.

KAKI-KAKI. Pada suspensi springer tadi, Ajat menjejali pelek  ukuran 1,60x21” lansiran TK. Sementara bagian belakang pakai ukuran 2,50x16”. Kemudian dipadukan ban Shinko ukuran 120-21 (depan) dan 500-16 (belakang). Oh iya, agar bisa dijelali ban gede di bagian belakang, swing arm juga turut dikustom oleh Ajat. Dibikin dari pipa besi bulat berdiameter 3,5 cm. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFKASI

Knalpot            : Ajat Kustomz

Lampu depan        : Aftermarket H-D

Cakram depan       : Yamaha Scorpio

Sok belakang       : Afermarket

Ajat Custom : 0896-0133 2373

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular