Honda Tiger Cafe Racer

Motorplus - Jumat, 5 Februari 2016 | 04:25 WIB

Soal selera modifikasi, Johan Wahyudin punya konsep idaman. Yakni mengarah pada besutan lawas bergenre sporti. Yup, konsep café racer yang identik serba membulat, terutama di depan, jadi impiannya selama ini. Konsep café racer inilah yang jadi dasar modifikasi Honda Tiger milik Johan.

“Model kedok lampunya serta buritan ala buntut tawon, kelihatannya keren banget deh,” kagumnya.

Tapi, meski dari segi tampilan utama pure ala café racer, bodi dibikin lebih gambot. “Detailingnya juga pengin terlihat beda. Contoh penerapan kaki-kaki mini. Mungkin hasilnya jadi nampak nyeleneh, namun bagi saya itu sudah sesuai dengan keinginan,” tukas penyemplak Honda Tiger lansiran 2003 ini.

Untuk merealisasikan Honda Tiger konsep café racer, Johan minta bantuan padepokan modif AMS Body Custom (ABC) di kawasan Jl. Diponegoro, No. 12, Wanayasa, Beber, Cirebon, Jawa Barat yang dipunggawai Heri Septiawan.

RANGKA. Untuk mengarah konsep café racer, Heri banyak mengubah konstruksi rangka Honda Tiger. Mulai dari rangka utama hingga sub frame, dibentuk ulang pakai pipa seamless 1 inci, dikombinasi ¾ inci. Bawaan Tiger yang tersisa hanya komstir dan dudukan mesin. Ceritanya, Johan ingin konstruksi rangkanya dibikin model tubular macam Ducati. Ciee..ciee..

BODI. Setelan baju asli Honda Macan ikut diganti anyar. Kecuali tangki. Mulai dari kedok lampu membulat ala motor balap jadul itu, serta buntut tawonnya, dirancang Heri dari bahan serat kaca alias fiberglass. Biar match, tangki direkayasa jadi gambot dengan cara ditutup pakai kondom fiber.

KAKI-KAKI. Biasanya jika bodinya besar, diimbangi pemasangan kaki-kaki gambot. “Kali ini lebih tertuju pada perangkat kaki yang tidak terlalu big size. Karena pasang pelek custom berbahan kaleng berdirmeter 14”. Lalu ditancapkan jari-jari besar sebanyak 18 buah. Sehingga kesannya masih tetap gambot tapi mini,” tutup Heri. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Pelek depan    : Custom kaleng 2,5x14”

Pelek belakang : Custom kaleng 5,0x14”

Ban depan      : Michelin 120/70-14

Ban belakang   : Michelin 180/55-14

Sok depan      : Upside down NUI

Sok belakang   : Byson

Knalpot        : Akrapovic

ABC            : 0896-8900-1569

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular