Honda GL-Pro Konsep Scrambler Seniman Tatoo

Motorplus - Senin, 22 Februari 2016 | 12:27 WIB

Urusan dalam seni merajah tubuh atau identik dengan sebutan tatoo, jadi kepiawaian tersendiri bagi Akbar.  Pasalnya, kegiatan sehari-hari pria asal Buton , Sulawesi Tenggara ini, merupakan seniman tatoo dari studio bernama AE ART Rebel di Jl. Pemuda, Kota Cirebon, Jawa Barat. Terlebih lagi jika melihat besutannya berupa motor Honda GL-Pro rakitan tahun 1994 ini, dibikin konsep scrambler ala seniman tatoo.

Konsep scrambler ala seniman tatoo, memang tidak disertai dengan paduan tema layaknya lukisan tatto pada sekujur cover bodi motornya tersebut. “ Saya justru pilih kelir hijau mirip warna tentara, yang ditambahkan dengan corak tulisan Army pada tangki, “ kata Akbar, suami dari Eva dan ayah dari Aiko ini.

Dalam berkarya, Akbar memang selalu menerapkan filosofi tentang kehidupan budaya Jepang. Mulai dari tekhnik lukisan tubuh dengan motif Naga, Ikan dan bermacam jenis tema tatto lainnya. Hal itu tentu saja dikarenakan selama 10 tahun, Akbar pernah tinggal dan bekerja di Negara Jepang. Makanya, motor dengan konsep scrambler ala seniman tatoo jadi acuannya.

Yayank Tizar, builder Positif Garage, di Jl. LPI Pesantren Buntet, Astanajapura, Cirebon, didaulat Akbar untuk merombak motornya ini dengan ubahan bentuk model scrambler. Alasannya, karena modif seperti itu mewakili ciri konsep yang bebas dalam berekspresi. Apalagi  konsep scrambler ala seniman tatoo bikin Akbar makin pede, saat dibawa riding.

“ Rangka otomatis mesti diperbaiki lagi, biar makin kokoh dan kekar. Mainframe dan subframe diperkuat dengan penambahan serta penggantian dari sasis asli bawaannya. Pada rangka depan, ditambah plat besi ukuran serupa aslinya terutama diarea sekitar komstir. Kemudian pada subframe. Dibikin sasis anyar dari pipa besi ¾ mili supaya konsep scrambler ala seniman tatoo mudah didapat, “ jelas Yayank.

Selanjutnya, beberapa peranti detail penguat identitas konsep scrambler ala seniman tatoo diterapkan. Seperti  sepatbor mirip motor trail namun dengan ukuran kecil, kemudian setang agak lebar yang disatukan dengan kedok lampu custom dari bahan talenan dapur buat memasak.

Makin kental dengab pemasangan tangki serta tutup cover wadah aki. Dan juga tidak lupa saluran pelepas gas buang alias knalpot, ala scrambler. “ Posisinya memang dibikin agak menyisir area kaki pengendara. Namun tidak panas, karena terpasang kain peredam anti panas knalpot, “ beber Yayank.

Bagian kaki-kaki juga disesuaikan tema scrambler. Pelek jari-jari depan ukuran 21 inch dibalut karet ban model tahu. Lantas untuk kaki belakang, aplikasi pelek ukuran ring 18 inch dengan ban model serupa depan. “ Kalo sudah begini, motor yang saya impikan sudah terwujud, “ sahut Akbar puas. (www.motorplus-online.com

DATA MODIFIKASI

Sok depan           : Yamaha RX-King

Tangki                   : Yamaha DT80

Jok                         : Custom

Knalpot                                : Custom

Positif Garage    : 085224119900

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular