Keren Nih Modifikasi Kawasaki Ninja 150 Disulap Jadi Suzuki TS125

Motorplus - Kamis, 11 Februari 2016 | 09:25 WIB

Benny Clay Rozaly dari rumah modifikasi trail BCL Reference (BCLR), Banyumas, Jawa Tengah, memang nyentrik. Selera modifnya suka bikin geleng-geleng kepala. Seperti halnya modifikasi pada semplakan pribadinya kali ini. Benny bikin modifikasi Kawasaki Ninja 150 disulap jadi Suzuki TS125. Tentunya, modifikasi Kawasaki Ninja 150 disulap jadi Suzuki TS125 ini untuk menemani hobi adventure bro Benny.

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 disulap jadi Suzuki TS125 terbilang total. Konstruksi sasis dibuat ulang. Termasuk, aplikasi panel bodi bergaya klasik dari Suzuki TS125. Sedangkan kaki-kaki, mengikuti tema adventure yang harus kuat, namun posturnya menyesuaikan dimensi motor yang ikut jumbo.

SASIS. Memakai perhitungan full custom, sebab mengikuti mesin Ninja 150 yang lumayan besar dimensinya. Olahan komstir, downtube hingga main frame dibuat ulang dengan material pipa besi. Termasuk sub frame belakang yang konstruksinya mengikuti bodi Suzuki TS 125. Untuk down tube dibuat dobel, karena beban mesin yang besar harus diimbangi konstruksi yang kuat.

SOKBREKER. Ajrutan depan menganut model klasik dengan gaya teleskopik yang comot dari trail lawas. Namun, terkesan modern dengan sistem pengereman disc brake. “Sedangkan untuk sokbreker belakang memakai varian Suzuki TS 125 komplit dengan swing armnya,” cuap Benny yang punya workshop di Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah ini.

BODI. Di bagian bodi, mayoritas memakai komponen dari Suzuki TS125. Seperti tangki dan cover samping. Konstruksi dudukannya menyesuaikan sasis handmade, jadi mudah dalam pemasangan. Sedangkan untuk sepatbor depan-belakang, pakai produk Xrossbone Black dengan gaya vintage yang kental.

HANDLING. Mengikuti tampilan bodi, sistem kemudi juga kena sentuhan klasik. Caranya dengan comot setang Protaper Countour series, ditambah handguard Zeta dan handgrip Orca. Yang menarik, pada bagian headlamp dibuat bagasi yang fungsional untuk membawa barang dan sebagai komponen recovery. Materialnya menggunakan besi dengan cara handmade.

MESIN. Karena digunakan sebagai kuda pacu kala menerabas hutan, tentunya performa mesin harus mengimbangi kemampuan. Tak salah jika mesin sudah kena porting. Termasuk, aplikasi karburator PE dari Suzuki RM85. Sedangkan knalpot, ditukar dengan barang dari Yamaha YZ85. Pamungkasnya, radiator gaet lungsuran Honda CR85. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Maxxis 80/100-21

Ban belakang : Maxxis 120/100-18

Pelek depan   : TK 1.85X21

Pelek belakang : TK 2.15X18

Setang        : Protaper

Knalpot       : Honda CR85

Footstep      : Xrossbone

BCLR          : 0857-2607-6868

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular