Seamless Girboks Dan Sasis 2016 Bikin Suzuki GSX-R Jadi Kencang

Motorplus - Jumat, 19 Februari 2016 | 20:53 WIB

Meski catatan waktu terbaik tahun lalu di Phillip Island, 1 menit dan 28 detikan belum terpatahkan, tapi performa Suzuki GSX-R mengejutkan di tes pra musim MotoGP Phillip Island (17/2-19/2). Nah, Maverick Vinales, pengguna GSX-R untuk tim Suzuki Ecstar, kasih bocoran.  Rahasianya di seamless girboks dan sasis 2016 bikin Suzuki GSX-R jadi kencang.

Seperti artikel sebelumnya Suzuki GSX-RR 2016 Pakai Girboks Seamless Dengan Material Baru, hasilnya baru terlihat di tes Phillip Island. Saat di tes pra musim MotoGP Sepang, Suzuki GSX-R menggunakan seamless gearbox dengan rasio drive-driven gear dan material yang berbeda.  

“Pengaruhnya besar banget perubahan girboks pas dipakai di Phillip Island. Apalagi, aspal sirkuit Phillip Island kelewat mulus. Efeknya pas menikung gak perlu banyak gas,” beber Vinales.

Tuh, dari kalimat Vinales kalau menikung tidak perlu open throttle berarti perubahan rasio gigi di girboks dan ketepatan setting ECU bisa mempertahankan rpm sepersekian detik saat pembalap melibas corner. “Jadinya, pembalap bisa menyimpan energi saat menikung. Kalau menikung dengan girboks dan settingan ECU yang sebelumnya energy keluar banya. Rpm harus dijaga, tapi torsi muncul dan pembalap harus mempertahankan motor supaya stabil,” jelas rider asal Spanyol.

Nah, penggunaan sasis 2016 di Suzuki GSX-R juga membantu pembalap mudah bermanuver. “Tapi, masih ada sedikit kekurangan. Masih terasa pas menikung cepat beban motor masih mengganggu,” tutup Vinales. (www.motorplus-online.com)

 

            

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular