Bikin Suzuki Satria 120R Juara Di Sentul

Motorplus - Rabu, 2 Maret 2016 | 05:00 WIB

Walau start dari urutan paling buncit, Suzuki Satria 120R besutan Fariz Ibrahim ini berhasil finish ketiga pada ajang E Event kelas bebek 2-tak seeded. “Padahal, silencer knalpot copot saat accident di kelas pemula,” bilang Fajar Jaya Sukmana dari FJR Racing. Fajar tunner yang bikin Suzuki Satria 120R juara di Sentul

Tapi, berkat otak pengapian special dari sport 2-tak Honda zaman dulu, motor masih mau ngacir hingga sentuh garis finish. Widih.. apa sih keunggulannya? Yuk, diintip bro cara bikin Suzuki Satria 120R juara di Sentul!

BLOK SILINDER. Tahap awal bikin Suzuki Satria 120R juara di Sentul silindernya dijejali piston keluaran RIK oversize 100 (dimeter 57 mm). Posisi pemasangannya dibuat mendem 0,3 mm saat berada di TMA. Lalu, lubang transfer diangkat 1 mm. Sementara exhaust diperlebar 42 mm dan ditinggiin jadi 25,5 mm dari bibir liner.

HEAD. Bagian ini kena pangkas sampai volume kubah jadi 13,2 cc. Jika dihitung kasar menggunakan rumus rasio kompresi mesin 2-tak, didapat perbandingan kompresi sebesar 5,8 : 1.

KARBURATOR.   Guna mengimbangi korekan mesin, komponen pengabut bahan bakar diganti pakai Keihin PE 28. Namun venturinya direamer lagi jadi 30 mm agar aliran udara lebih deras, sehingga bisa dicampur kabut bensin yang banyak. Makanya untuk memenuhi debit bahan bakar yang lebih banyak, nozzle karbu diganti pakai kepunyaan Keihin PWK 28. Lalu pilot jet dan main jet pakai kombinasi 55/135.

CDI NSR 150 SP.    Nah, untuk membakar campuran gas yang masuk ke ruang bakar lebih optimal, otak pengapian alias CDI diganti pakai punya Honda NSR 150 SP. CDI ini diyakini ampuh bikin putaran mesin bisa lebih teriak.

“Pakai CDI NSR SP, penyesuaian ada di tonjolan pick up pulser. Di Honda NSR 150 SP, pick up pulser ada dua. Itu juga harus disamakan biar motor mau nyala. Tonjolan pick up yang panjang, 44 mm. Sedang yang pendeknya hanya 7,5 mm. Standarnya Satria 2-tak kan hanya satu, panjangnya cuma 30 mm. Untuk kabel-kabelnya, hanya menyesuaikan,” jelas Fajar yang bengkelnya di Jl. Pasar Kecapi, No. 88, Pondok Gede, Bekasi. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : IRC Fasti 2 90/80-17

Ban belakang  : IRC Fasti 2 90/80-17

Slang rem      : TDR

Knalpot       : Kustom

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular