Ayo Menyimak Teknologi Awal Sok Depan Girder

Motorplus - Selasa, 1 Maret 2016 | 21:00 WIB

Bisa disimak di Vincent Black Shadow, salah satu motor klasik eksotis lansiran Inggris atau sok depan di motor modern sport muscle modern di Ariel Ace. Nama lainnya girdraulic suspension alias girder.

Prinsip sok depan girder ada penghubung linkages dengan triple three  di bagian depan suspensi dengan per di tengah antara triple three atas dan bawah. Tampilan  per di tengah ini memang  jadi daya tarik estetika tersendiri. Lain dengan gaya springer dengan per di kiri kanan.

Coba perhatikan gambar sok depan girder. Prinsipnya ada dua palang horizontal atas bawah diantara triple tree yang rigid alias diam. Ia terhubung dengan penghubung horizontal lain diantara palang yang diam tadi. Nah palang inilah yang main naik-turun terhubung dengan per di tengah.

Saat ada tekanan,  fork (travel) yang terhubung dengan roda depan akan turun naik menjadi suspensi khas girder di bagian depan. Sok kiri-kanan yang terhubung dengan roda depan tadi bergerak dalam kesatuan utuh.

Selain asli pabrikan semisal produk Vincent ataupun Ariel Ace, rancang bangun sok depan girder ini disukai para modifikator. Mereka yang suka estetika custom klasik menggemari bentukan girder selain sisten springer. Biasanya modifikator memadukan sok girder di depan dengan kontruksi plunger, hardtail rigid atau juga sistem softail di bagian belakang. Pilihan rancang bangun girder membuat tampilan motor jadi klasik dan muscle sekaligus. Tak heran, gaya girder ini masih disukai sampai sekarang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular