Sok Depan Springer Dipakai Di Motor Lawas Sampai Harley-Davidson Masa Kini

Motorplus - Kamis, 3 Maret 2016 | 05:54 WIB

Sok depan springer yang dipakai di motor lawas sampai Harley-Davidson masa kini prinsipnya hampir sama dengan girder. Biar gak lupa apa tuh sok depan girder silakan buka artikel kemarin tentang sok depan grider.

Kalau girder penghubung (linkages) dengan per ada di atas. Link itu terhubung langsung dengan per yang ada diantara triple three.  Nah kalau springer agak lain. Letak pernya sama dengan girder tapi link yang bergeraknya bukan diantara triple three (t atas-bawah). Link tadi jauh ada di bawah dekat sumbu roda depan. Link ini bergerak naik-turun terhubung langsung ke per di atasnya.

Dari sisi estetika, Sok depan springer yang dipakai di motor lawas sampai Harley-Davidson dibilang lebih simpel dari girder. Zona bagian atas diantara T atas-bawah lebih clean. Tak heran banyak customized lebih memilih springer ketimbang girder. Dibanding sok hidrolik biasa, springer atau juga girder tentu punya kelebihan tersendiri. Springer juga girder menonjolkan spring (per) dalam tampilam motor bagian depan. Secara kenyaman tentunya hidrolik lebih unggul karena dibantu cairan demi meredam getaran.

SEKILAS SEJARAH SPRINGER

Sok depan springer yang dipakai di motor lawas sampai Harley-Davidson sangat popular di buka abad 20. Kontruksinya terus disempurnakan pabrikan motor saat itu.  Tahun 1913, pabrikan motor memperkenalkan kontruksi sok depan berjuluk girder. Dalam perkembangannya, girder mengalami banyak masalah dan terus disempurkanan.

Tahun 30-an, kontruksi baru nongol dan dinamai springer. Kontruksi ini jauh lebih baik ketimbang girder dan mengalami perkembangan pesat. Apalagi dipakai dalam perang dunia ke II oleh Amerika lewat Harley-Davidson ‘the forty five’ 45 cu alias HD 750 cc militer.

Diantara tahun 70-80-an, springer  makin sempurna dan jauh lebih unggul ketimbang springer tahun 30-an. Nggak heran, banyak pabrikan motor memakai springer untuk sok depan mereka. Tapi begitulah.., teknologi terus berkembang dengan hadirnya sok teleskopik! Apa boleh buat, Springer kurang diminati lagi  di awal 90 sampai sekarang. Tapi bukan berarti punah lo! Ada juga yang masih memakai kontruksi springer seperti yang dilakoni Harley-Davidson Springer tahun 2011. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular