Cara Setel Sorot Lampu Depan Honda All New CBR 150 Biar Gak Ditilang Polisi

Motorplus - Jumat, 11 Maret 2016 | 10:55 WIB

Sempat muncul kasus aneh yang banyak dibicarakan di media sosial. Ada beberapa bikers yang kena tilang polisi, karena disangka telah memodifikasi lampu depan motornya. Sebab, sorot lampunya lumayan menyilaukan lantaran menggunakan lampu jenis LED. Ini pun bisa terjadi di Honda All New CBR 150R

Padahal, beberapa motor keluaran terkini, sudah mengusung LED dari pabriknya. “Mungkin karena sorotannya terlalu tinggi, sehingga cahayanya jadi menyilaukan. Maklum, LED kan cahayanya lebih putih,” analiasa Sriyono, intruktur Astra Honda Training Center (AHTC) di Sunter, Jakarta Utara.

Nah, buat yang ada rencana tebus Honda All New CBR 150R yang headlamp-nya sudah LED, gampang nih setel arah sorotan lampu depannya. “Arah sorotannya bisa disetel empat arah kayak headlamp mobil. Yakni ke atas dan bawah, juga ke samping kiri atau kanan,” jelas Sriyono. Makanya di balik rumah lampunya, terdapat 4 baut setelan. Masing-masing 2 setelan untuk headlamp kanan dan kiri.

Nyetelnya bisa pakai obeng kembang (+) agak panjang, atau kunci ring 8 mm. Untuk yang pakai obeng kembang, tinggal masukkan mata obeng melalui lubang penyetelan di bawah baut. Untuk menjangkaunya, sobat mesti dari arah bawah headlamp.

“Untuk arahin lampu ke atas atau ke bawah, baut setelannya yang berada di bagian bawah (gbr. 1). Kalau pakai obeng plus, putaran ke kanan (searah jarum jam) untuk menurunkan arah sorot lampu. Sedang kalau pakai kunci ring, diputar ke arah sebaliknya. Untuk menaikkan arah sorotan, tinggal putar obeng atau kunci ringnya berlawanan dari penyetelan turun,” terangnya.

Sementara untuk mengarahkan sorotan lampu ke kiri atau ke kanan, baut setelannya yang sebelah atas (gbr. 2). “Kalau ingin sorotan lampu kanannya lebih ke luar (ke arah kanan), putar baut setelannya (pakai obeng) berlawanan jarum jam. Untuk lampu yang sebelah kiri, tinggal jajal aja putaran obengnya ke arah mana,” tutup Sriyono. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular