Tips Pilih Sok Depan Kustom

Motorplus - Jumat, 22 April 2016 | 08:23 WIB

Selain kemampuan meredam kejut, sok depan juga merupakan salah satu part yang banyak dilirik buat mendongkrak tampilan motor. Baik itu dengan mengaplikasi sok aftermarket, maupun hasil kustom. Biar puas, nih tips pilih sok depan kustom. 

“Biasanya untuk sok depan kustom, meniru konsep-konsep yang ada. Itu tergantung pesanan konsumen juga, serta disesuaikan dengan tema modifikasi yang diterapkan,” tutur Abdul Rajat, builder nyentrik dari Ajat Kustom yang bermarkas di Karang Mulya, Tangerang. Berikut tips pilih sok depan kustom.

1. SOK SPRINGER

Pilihan sok depan kustom pertama sok springer. Sok model ini identik dengan tema old school chopper. Diambil dari gaya sokbereker motor jadul yang juga masih dipakai di motor keluaran sekarang kayak Harley-Davidson. Tampilan gahar dengan ciri khas penggunaan dua buah per di luar, memang cucok buat modifikasi bernuansa klasik.

“Biasanya sok springer bentuknya lebih panjang dari sok biasa, atau sering dibilang centang. Sudutnya pun lebih miring. Tapi, menyesuaikan konsep motornya juga sih,” ucap Andreas Janu Irawan, Builder dari A.K Industry yang ngendon di daerah Tipar, Cakung, Jakarta Timur.

2. SOK UKIRAN

Jenis kustom sok satu ini sebenarnya buah dari kreativitas sang builder. Biasanya kustom sok model ukiran, dipakai oleh para pecinta kontes modifikasi. Bisa diterapkan pada sok depan maupun belakang. Lewat ukiran-ukiran tersebut, para builder bisa memperkenalkan seni budaya Indonesian. Biasanya, ukirannya berupa corak batik yang digambar dengan ukiran 3 dimensi.

3. SOK KUSTOM BUBUT

Modifikasi yang satu ini tidak beda jauh dengan kustom ukiran. Hanya cara ngukirnya saja yang beda, yakni menggunakan tmesin bubut. Proses pengerjaannya pun harus detail dan fokus, “Karena hasil dari bubutan ini kalau salah, tidak bisa direpair ulang,” Ucap Ajat.

4. SOK UPSIDE DOWN KAMUFLASE

Teknik kustom ini paling banyak diaplikasi ke motor modifikasi bergaya sporti. Terutama bagi yang punya budget pas-pasan. Karena sebenarnya sok depan yang dipakai masih bawaan motor. Hanya saja kerena bagian atas sok (as) dikondom pakai pipa dengan diameter lebih besar, yang dibentuk menyerupai tabung sok terbalik ala upside down (USD), jadinya sekilas kayak sok USD beneran. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular