Honda GL-100 Dirombak Jadi Trail Retro Untuk Main Lumpur

Motorplus - Rabu, 23 Maret 2016 | 06:12 WIB

Kegiatan trail adventure bermotor, masih terus menjamur hingga saat ini. Hampir tiap pekan, baik itu event resmi ataupun sekedar iseng bareng rekan sehobi kerap berpetualang mencari jalur terabas yang baru. Hal itu pula yang bikin Oit Sunanto tertarik untuk punya besutan kental ala offroad motor. Tidak tanggung, Oit mengandalkan basis motor Honda GL-100 yang dirombak jadi trail retro untuk lumpur.

Maksudnya Honda GL-100 dirombak jadi trail retro untuk main lumpur ubahan total pada motor GL-100 dengan spek motor trail. Namun, yang diambil hanya segelondong mesinnya saja. Sedangkan untuk tampilan secara keseluruhannya, menggunakan beberapa komponen dari sosok motor berbeda namun yang identik dengan tanah dan lumpur.

“ Bagian rangka, semuanya hasil custom. Konsepnya tentu saja lebih tertuju pada tunggangan motor alam liar. Sasis terbuat dari pipa besi sekitar ¾ mili, dan disesuaikan dengan tema utama berupa Honda GL-100 dirombak jadi trail retro untuk main lumpur. Baru setelah itu, parts comotan dari motor lain ikut dipasangkan, “ ujar Au Rahmat, punggawa CAMS (Cirebon Auto Motor Sport) selaku modifikator.

Supaya Honda GL-100 dirombak jadi trail retro untuk main lumpur sok depan sumbangan dari motor Suzuki RMB keluaran tahun 85. Sedangkan untuk teromol depan motor, pasang punya KLX 150. Makin selaras dengan besutan motor dua alam, lengan ayun plus peredam kejut belakang adopsi dari miliknya Suzuki TS optional.

Sektor kemudi, dipercaya menggunakan setang Suzuki TS 15 tahun lawas. Kemudian untuk penahan cipratan lumpur, keduanya terapkan sepatbor yang berbeda. Bagian depan aplikasi punya Kawasaki KMX 125 versi lama. Lantas sepatbor belakang, dipercantik dengan miliknya Suzuki DR 200. Sehingga kini sudah  mulai mendekati wujud  Honda GL-100 dirombak jadi trail retro untuk main lumpur.

“ Untuk peranti detil lainnya, juga masih ambil dari bebebrapa bagian motor trail beda merk. Lampu depan, dipilih dari motor Yamaha DT 200 WR. Handguard pasang produk variasi Acerbis. Desain jok, mengacu pada model XL 600. Makin gahar dengan pasang knalpot spek kompetisi keluaran FMF, “ tutur Kang Au yang buka workshop di Jl. Kesambi Dalam, Gg. Mawar, Kota Cirebon. Telepon : 0817434295. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular