Jawa 500 cc Speedway Motorcycle Spesialis Balap Speedway

Motorplus - Jumat, 1 April 2016 | 11:30 WIB

Brother sekalian pasti ada yang pernah nonton tayangan balap speedway di trek berbentuk ternyata, bukan cuma balapnya saja yang unik. Motor yang digunakan juga enggak kalah unik. Sampai saat ini cuma ada dua produsen motor yang spesialis bikin motor untuk balap Speedway, Jawa Motorcycle.

Jawa Motorcycle enggak bermarkas di Purwokerto. Biar namanya Jawa, produsen ini asli dari kota Praha, Republik Ceko. Nama Jawa sendiri diambil dari nama pendirinya, yakni Janecek and Wanderer yang disingkat jadi Jawa.

Jawa 500 cc Speedway Motorcycle ini masuk kategori racing bike spesialis untuk balap speedway. Meski modelnya keliatan jadul, sebenarnya ini model terbaru loh. Desainnya memang mengikuti kebutuhan dan regulasi motor di balap Speedway. Unik dan kelihatan jadul.

Dengan desain sederhananya ini, Jawa 500 cc Speedway Motorcycle hanya punya bobot 85 kg. Dengan tenaga besar yang keluar dari mesin, motor ini mampu melesat dari kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik. Sangat cepat untuk motor yang tidak mempunyai rem. Berani nyoba?

“Di sirkuit, waktu 3 detik itu cukup untuk membuat anda menabrak keras ke dinding jika tidak bisa membelokan motor. Membawa motor ini sangat berbeda dari motor biasa. Anda harus putar setang ke kanan untuk membuat motor berbelok ke kiri. Anda harus putar selongsong gas lebih dalam untuk menahan laju motor di tikungan. Anda juga harus kendorkan gas untuk membuat motor melesat di lintasan lurus,” beber Max Ruml, pembalap Speedway muda yang berlaga di FIM Speedway Championship. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular