Yamaha Jupiter Z Juara Lokal Karawang MP3

Motorplus - Jumat, 12 Agustus 2016 | 09:43 WIB

Tampil imprensif di depan publiknya sendiri saat menggoyang lintasan Test Drive Techno Mart, Karawang, Jawa Barat di kelas MP3 (bebek tune up 125 cc pemula) event road race beberapa waktu lalu mengantarkan Rio Adrian sabet tahta tertinggi. Yup,... lokal hero Karawang nomor start 65 ini begitu perkasa di atas Yamaha jupiter Z keluaran tahun 2008.

Tidak hanya itu, pada event road race di lintasan Brigif Cimahi dan Bukit Peusar, Tasikmalaya beberapa waktu lalu juga menjadi saksi keperkasaannya meraih kelas MP3. Setidaknya, pembalap yang bernaung di bawah asuhan 549 Fast Performance Arya 117 asal Cikeas, Bogor ini buktikan kesiapannya menghadapi Kejurda road race Jabar.

“Meski baru pertama kali turun di ajang road race dan Kejurda tahun ini, namun persiapan tim sudah maksimal. Hasil riset mesin memuaskan dan karakternya sesuai dengan pembalap,” bilang Subhan Al Gazalli sang owner tim. Yuk, langsung kita kupas ubahan yang dilakukan oleh Syafaruddin sang mekanik.

SILINDER.

Guna memaksimalkan turun di kelas MP3, piston standar digusur milik Kawahara diameter 55,25 mm. Pastinya, piston ini sudah mengaplikasi teknologi forging dan memiliki dome yang tinggi. Dengan begini kapasitas mesin membengkak jadi 129,3 cc.

Guna mengimbangi gebukan piston diamter 55,25 mm untuk memukul ruang bakar, kompresi mesin dibikin tinggi untuk menghasilkan power dan torsi gede. “Kompresi kita atur di angka 12,4 bar,” bilang Acos panggilan beken sang mekanik.

HEAD.

Untuk mengimbangi silinder yang sudah membengkak, klep bawaan digusur milik Kawahara. Klep in menggunakan ukuran 26 mm dan klep ex menggunakan ukuran 23 mm. Dilanjut dengan mengubah durasi kem yang kini menjadi 273 derajat untuk in nya dan 273 derajat untuk ex.

“Untuk rincian klep in membuka 37 derajat sebelum TMA dan menutup 62 derajat setalah TMB. Sedangkan ex nya membuka di 58 derajat sebelum TMB dan menutup 35 setelah TMA,” beber Acos yang menaikan lift kem nya diangka 9,8 mm.

KARBURATOR.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular