Honda Bikin Teknologi Anti Blind Spot

Motorplus - Jumat, 15 April 2016 | 08:00 WIB

Blind spot atau area yang tidak terlihat oleh pengendara menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Munculnya kendaraan lain pada jalur blind spot membuat pengendara tidak siap bereaksi yang menyebabkan kecelakaan. Untuk mengatasi masalah ini, kabarnya Honda akan bikin teknologi anti blind spot untuk sepeda motor yang dibuatnya.

Teknologi blind spot sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru. Produsen sepeda motor dan mobil asal Jerman BMW, sudah mengembangkan teknologi ini sejak lama. Kabarnya, Honda bikin teknologi anti blind spot yang cara kerjanya juga hampir mirip dengan BMW. Produsen asal Jepang ini memasangkan sensor jarak dan juga kamera sebagai solusi masalah blind spot. Sensor dan kamera tersebut akan membaca gerakan sepeda motor, mobil penungpang, van maupu truk yang ada di area blind spot.

Sensor anti blind spot ini nantinya akan memberi sinyal kepada pengendara untuk berhati-hati. Sinyal yang diberikan sendiri berupa kedipan lampu pada panel yang diiringi dengan getaran pada area setang. Dengan sistem ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang disebabkan area blind spot.

Hingga sekarang belum ada informasi kapan teknologi ini akan diterapkan pada sepeda motor produksi masal. Namun, kalau melihat BMW yang sudah mengaplikasi teknologi ini, nampaknya tidak lama lagi Honda juga akan ikut memasangkannya. Kita tunggu saja, motor Honda apa yang pertama kali mendapatkan teknologi ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular