Nih Cara Setting ECU di MotoGP

Motorplus - Rabu, 11 Mei 2016 | 05:39 WIB

Penasaran dengan cara setting ECU di MotoGP yang bikin pusing mekanik dan pembalap? Yuk kita cari tahu. Biar enggak pusing, kita cari tahu bagaimana cara pembalap mengatur perangkat elektronik ini saat balapan. Di motor MotoGP, umumnya ada panel yang memiliki banyak tombol di kiri setang. Apa saja fungsinya?

Tex Geissler selaku Application Manager tim balap Athina Forward Racing MotoGP pernah menjelaskan fungsi tombol-tombol tersebut. Untuk perangkat elektronik bikinan Magneti Marelli, biasanya tersedia 5 tombol dengan warna yang berbeda-beda. Tiga tombol berfungsi untuk mengatur menu utama dan dua sisanya untuk menambah dan mengurangi tingkat kepekaan. Fungsinya bisa saja berbeda di setiap rider dan pabrikan.

"Di motor yang digunakan Stefan Bradl, tiga tombol sejajar itu berfungsi mengatur empat menu utama. Ada wheelie control, traction control, engine brake dan juga torque map. Sedangkan dua tombol yang berada di sisi terluar kiri atas dan bawah, berfungsi untuk menambah atau mengurangi kepekaan pada empat menu utama tersebut," ucap Tex.

Menurut Tex, cara setting ECU di MotoGP ini bisa dilakukan sembari riding. Jadi, pembalap tinggal menekan tombol dan pengaturan akan berubah. Misalnya ingin menambahkan traksi, tinggal tekan salah satu dari tiga tombol untuk mengaktifkan menu control traction dan tambahkan kepekaannya lewat tombol di kiri luar atas. Simpel namun cukup merepotkan juga jika harus dilakukan terus menerus. Betul gak?  (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.