Mesin Yamaha YZR-M1 Jebol Karena Kelebihan RPM

Motorplus - Rabu, 25 Mei 2016 | 13:22 WIB

Jebolnya mesin Yamaha YZR-M1 Jorge Lorenzo di sesi warm up dan Valentino Rossi ketika race di MotoGP seri VI di sirkuit Mugello, Italia, Minggu lalu (22/5) masih jadi perbincangan hangat. Terbaru, ada kabar yang menyebut mesin Yamaha jebol karena kelebihan RPM. Kabar ini datang dari tim Movistar Yamaha yang tidak mau diketahui namanya.

"Kejadian itu terjadi karena trek lurus Mugello yang sangat panjang. Pada saat itu, ban belakang motor tercatat berputar hingga kecepatan 380 km/jam. Itu terjadi karena banyaknya slide di roda belakang ketika berakselerasi. Imbasnya, peningkatan signifikan yang terjadi pada rpm mesin," ucap sumber tersebut kepada Motorsport.

Mesin Yamaha jebol karena kelebihan rpm ini juga terjadi karena peranti elektronik baru yang digunakan Yamaha tahun ini. Peranti elektronik ini diklaim sedikit kurang canggih dan kurang presisi jika dibandingkan peranti elektronik yang dikembangkan sendiri oleh Yamaha. Makanya, sebagian tim memprediksi sistem pengapian tidak bekerja memotong arus seperti yang sudah ditetapkan ketika putaran mesin melebihi batas.

Hingga saat ini kabar mesin Yamaha jebol karena kelebihan rpm juga masih sebatas prediksi. Mesin yang digunakan Rossi dan Lorenzo lalu sudah dibawa je Jepang. Seluruh tim Movistar Yamaha juga sedang menunggu hasil invenstigasi dari tim HRC (Honda Racing Corporation) yang berada di Jepang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular