Awas Kipas Magnet Matic Bisa Pecah

Motorplus - Minggu, 12 Juni 2016 | 07:18 WIB

Part yang letaknya tersembunyi selalu luput dari pantauan. Seperti kipas magnet matic yang tersembunyi di balik cover kipas. Umumnya, pemilik motor jarang memeriksa kondisi part yang satu ini. Maklum, part ini memang tidak mudah rusak. Tapi, awas kipas magnet matic pecah karena bisa ikut merusak part lainnya.

"Bahayanya untuk motor matic yang pakai radiator seperti Honda Vario series atau Yamaha Xeon series. Kalau kipas magnet ini sampai pecah, bisa merusak radiatornya juga. Soalnya, posisi kipas dan radiator sangat berdekatan," wanti Asep Risman dari bengkel Siliwangi Motor Depok.

Memang benar, sobat harus hati-hati dengan kondisi kipas magnet matic jangan sampai pecah. Sebab, part ini memang rawan rusak. Sebab, umumnya kipas magnet matic ini terbuat dari bahan plastik. Dengan usia pakai lama dan sering terkena suhu tinggi dari mesin bahan plastiknya gampang getas. Terutama, pada bagian lubang baut pengikat kipas dengan magnet.

Solusinya, sobat periksa part ini secara berkala. Jangan biarkan kondisinya rusak dan pecah di mesin yang bisa ikut merusak radiator. Solusinya tinggal beli kipas baru yang dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp 30 ribuan di toko. Lebih baik mencegah dibanding mengobati bor! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular