Lubang Injector Melingkar Bagus Untuk Double Injector (Part 2 )

Motorplus - Selasa, 12 Juli 2016 | 11:36 WIB

Di tulisan Lubang Injector Melingkar Bagus Untuk Double Injector (Part 1) sudah dijelaskan kalau injector dengan tipe lubang melingkar punya keunggulan dibandingkan injector lainnya. Suhartanto alias Kupret mekanik yang jadi tim R&D PT. Astra Honda Motor (AHM) untuk mesin balap bebek ambil contoh Honda Sonic 150 yang digarapnya. Injektor standar Sonic pakai model twin spray atau yang punya lubang berpencar ke arah kiri dan kanan. Menurut Kupret, injektor model ini bagus digunakan di posisi injektor standar. Namun, akan berbeda hasilnya jika digunakan sebagai injektor kedua.

“Model injektor dengan lubang penyemprotan bercabang ini bagus untuk digunakan di mesin DOHC seperti Honda Sonic. Bagus kalau posisinya di bawah seperti posisi standar injektor Sonic. Semprotan bahan bakar langsung menuju ke lubang yang bercabang di head silinder. Kalau digunakan sebagai injektor kedua yang posisinya di atas velocity stack, hasilnya akan tidak bagus,” tambah Kupret yang tinggal di Bogor, Jawa Barat.

Yup, posisi injector kedua memang idealnya diletakan di atas dekat velocity. Jika menggunakan injector dengan model semprotan bercabang di injector keduanya yang letaknya di atas tidak akan maksimal. Sebab, arah semprotan akan ke dinding velocity. Hal tersebut membuat bahan bakar yang seharusnya sudah berkabut kembali mengembun akibat membentur dinding velocity. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular