Valentino Rossi Jatuh Karena Ban Belakang

Motorplus - Selasa, 28 Juni 2016 | 10:06 WIB

Meski terjatuh karena kehilangan traksi roda depan, ternyata Valentino Rossi jatuh karena ban belakang. Nah, apa pengaruhnya tuh ban belakang dengan ban depan yang kehilangan traksi? Menurut analisa Rossi, ban belakang yang digunakan saat start ulang adalah tipe wet soft. Berbeda dengan ban belakang yang digunakan Rossi di race sebelum keluar red flag yang pakai tipe wet hard. Ini menjadi salah satu penyebab Rossi terjatuh.

"Saat pakai ban belakang wet soft, cengkraman di roda belakang meningkat. Itu membuat akselerasi motor bisa lebih cepat dibanding sebelumnya. Celakanya saya mengerem pada titik yang sama ketika pakai ban wet hard. Padahal, kecepatan motor lebih kencang sekitar 5-10 km/jam dari sebelumnya. Itu memaksa saya mengerem lebih keras dan kehilangan traksi roda depan," ucap The Doctor.

Ternyata bukan cuma Rossi yang jatuh karena ban belakang. Menurut Marc Marquez, yang menyebabkan Andrea Dovizioso jatuh juga sama. Akibat ban belakang wet soft! "Dengan ban belakang soft akselerasi lebih cepat. Kalau pembalap lengah dan terlena bisa seperti Dovi dan Rossi. Mereka buka gas lebih awal tapi lupa kalau kondisi ban depan tetap sama. Rawan kehilangan traksi karena genangan air di trek," jelas Baby Alien. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular