Cek Kelistrikan Motor Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Motorplus - Sabtu, 2 Juli 2016 | 08:28 WIB

Cek kelistrikan sebelum jalan jauh sebagai persiapan mudik Lebaran tahun ini gampang tuh. Gampang untuk motor brother yang masih standar. Paling banter cek kondisi aki, fungsi klakson dan lampu-lampu. Dimulai dari headlamp, sein, lampu kota belakang, dan lampu rem. Karena sifatnya elektronik yang umur pakainya enggak bisa dipastikan, jika sudah lemah sebaiknya ganti saja.

“Apalagi motor injeksi, kondisi aki menjadi krusial kalau aki lemah, enggak cuman penerangan yang terganggu, tapi performa motor bisa turun,” tambah Om Martin yang buka bengkel di Jl. Raya Tipar Cakung No. 74 ini.

Maklum saja, suplai pompa bensin serta inkjektor itu sumber tenaganya dari baterai yang umumnya bervoltase 12 volt.

Bagi sobat anak klub yang demen pasang banyak lampu tambahan di motor, sebaiknya dilepas dulu aja. Selain berpotensi menyebabkan arus pendek jika instalasinya enggak rapi dan benar, juga mengundang petugas lalu lintas yang ‘nakal’ untuk memberhentikan motor. So standarin dulu deh peranti kelistrikan motor sobat kalau mau diajak jalan jauh. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular