Modifikasi Yamaha Nouvo Untuk Drag Bike

Motorplus - Kamis, 21 Juli 2016 | 18:15 WIB

Yamaha Nouvo bikinan tim Gavisco Difara WPS Rov's ini pengganggu di kelas matic 200 cc. Lewat Jhendra Peking, joki pemula Jatim, menggandeng Deny mekanik WPS Rov’s Speed kawasan Penjaringan Timur 1C Surabaya. Deny sang juru korek mengubah Yamaha Nouvo untuk dipakai drag bike. 

“Sengaja pakai Nouvo karena rangkanya yang beda dari matic lainnya, lebih panjang 5 cm dan lebih stabil sih. Selain itu masih jarang kan yang pakai Nouvo untuk drag,” bilang Sony Dwi Kuncoro pemilik sekaligus pebulu tangkis nasional ini.

Hasilnya, traksi roda belakang ridak mudah wheelie ketika start, wajar jika Nouvo langsiran 1997 ini terus beruntung dengan naik podium 3 besar di beberapa event Jatim.

Kem

Durasi kem Yamaha Nouvo untuk dipakai drag bike dibikin 270 derajat dan LSA 102 derajat, dengan rincian kem hisap membuka 30 derajat sebelum TMB (Titik Mati Bawah) dan menutup 60 derajat setelah TMA (Titik Mati Atas). Begitu pun dengan sebaliknya.

Piston

Bagian kompresi dibikin 13.8 : 1 untuk mengaplikasi piston NPP dari Honda Mega Pro dengan diameter 64 mm, yang dibikin mendem 0,5 mm. untuk dome sekitar 4 mm, piston tadi dipadukan dengan klep berlabel SPS berukuran 33 (lift) dan 28 (ex). “Powernya bakal terasa nyaman di putaran mesin sekitar 8000 RPM,” bilang Deny mekanik andalan WPS Rov’s Speed.

CVT

Meski menggunakan pulley dan kampas standar, Deny hanya mengganti bagian roller yang diganti berukuran 7 gram rata. “Memang masih belum sampai ke bagian pulley lantaran Deny masih percaya jika pulley standar masih bisa dipakai untuk balap yang dipadukan dengan modifikasi magnet dibikin 800 gram.

Data Modifikasi

Ban dpn : Veeruber, 45/80

Ban blkg : IRC, 60/80

CDI : Rextor

Knalpot : Custom

Karburator : Keihin PE28, main jet 140 dan pilot jet 45

KM : 082234916130 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular