Konsep Mesin Berbahan Bakar Alkohol ITM Medan (Bagian 1)

Motorplus - Minggu, 24 Juli 2016 | 12:00 WIB

Saat ini memang banyak karya yang sudah diacungkan jempol. Contohnya, Mahasiswa dati Institut Tekhnik Mesin Medan (ITM) menghasilkan konsep mesin berbahan bakar alkohol.

Tim Sarang Helang proto ethanol, Institut Teknologi Medan (ITM). Walau berkonotasi mobil, tetapi produk lebih mirip konsep personal mobility berbahan bakar alkohol. Konsep berpenggerak mesin Honda SuperCub 800 1983 70cc dengan sedikit ubahan pada kepala piston yang dipertebal, dan kopling sentrifugal diubah menjadi manual.

"Perubahan dimaksudkan agar rasio kompresi sekitar 9:1 naik menjadi 11:1, karena ethanol lebih 95% yang menjadi bahan bakar pengganti bensin memiliki nilai oktan sekitar 120," jelas Mahyunis, dosen pembimbing tim. Sisanya, bagian transmisi dan casing serta sproket depan masih bawaan asli. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular