Konsep Mesin berbahan Bakar Alkohol ITM Medan (Bagian 2)

Motorplus - Minggu, 24 Juli 2016 | 12:00 WIB

Konsep mesin berbahan bakar alkohol ITM Medan ini, tenaga mesin ditransmisikan ke roda belakang tunggal dengan perantaraan rantai. Komponen geraknya banyak menggunakan komponen sepeda seperti pelek hub, rem cakram, hingga ban. Sedangkan rangka buatan sendiri dengan bodi berbahan serat kaca dan mampu menahan beban dinamis hingga 160 kg dan beban statik 75kg.

Sementara di bagian intake mesin pun diubah dengan karburator tambahan, yang akan mengatur agar agar campuran udara dan alkohol ideal. Namun tak seperti mesin konvensional yang mengambil udara bebas, udara tambahan disuplai dari tabung bertekanan.

"Karena alkohol butuh rasio campuran udara 1:9, sistem induksi dibantu udara bertekanan," jelas dosen lulusan USU itu sambil menunjukkan tabung udara tambahan dan karburator tambahan. Agar induksi dengan alkohol seperti sistem injeksi." Karburator bawaan bisa difungsikan jika menggunakan bensin saja. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular