Jorge Lorenzo : Tikungan Ke-2 Sirkuit Red Bull Ring Sangat Berbahaya

Motorplus - Sabtu, 30 Juli 2016 | 05:00 WIB

Jelang MotoGP seri X yang akan berlangsung di sirkuit Red Bull Ring, Austria, 14 Agustus mendatang ada kekhawatiran dari pembalap. Pertama datang dari Jorge Lorenzo yang bilang tikungan ke-2 sirkuit Red Bull Ring sangat berbahaya. Tentu Lorenzo punya alasan kuat. Apalagi, dirinya sudah menjajal langsung Red Bull Ring dalam tes tertutup beberapa waktu lalu.

"Total ada 3 atau empat tikungan yang berbahaya untuk pengendara MotoGP. Berbahaya karena posisi tembok begitu dekat terutama ketika titik pengereman. Bagi saya, yang paling berbahaya itu tikungan 2. Sebab, pembalap akan tiba di titik itu dengan kecepatan motor 340 atau 350 km/jam dengan racing line di sebelah kiri. Saat titik pengereman saya rasa posisi tembok sangat dekat dengan litasan. Jika roda depan tergelincir dan motor tetap mengarah ke kiri itu sangat berbahaya untuk pembalap," ucap Lorenzo.

Meski menitik beratkan pada tikungan 2, Lorenzo bilang beberapa tikungan lain tidak kalah bahayanya. "Di beberapa tikungan lain tidak membuat motor terlalu miring. Jadi, menutut saya tidak akan terlalu bermasalah. Tapi, jika pembalap high side di tikungan terakhir, dia akan menghantam tembok. Jelas, ini bukan salah satu sirkuit yang aman di kalender MotoGP tahun ini," tambahnya.

Austria memang baru kembali menggelar MotoGP setelah terakhir kali di tahun 1997. Sirkuit ini merupakan hasil renovasi dari sirkuit sebelumnya yang bernama A1 Ring. Mudah-mudahan tidak ada insiden serius yang terjadi di sirkuit ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular