Cek Kelistrikan Saat Beli Motor Bekas

Motorplus - Selasa, 13 September 2016 | 12:16 WIB

Kelistrikan juga salah satu part vital di dalam motor selain mesin. Jika terjadi masalah pada bagian ini, dijamin motor enggak bakal nyala dan bikin repot pemilik motor. Nah, buat sobat yang punya niatan untuk membeli motor bekas alias seken, ada baiknya cek kelistrikan saat beli motor bekas.

“Kalau ngomongin kelistrikan, pasti yang dicek pertama kali adalah busi. Cek percikan busi apakah mulai lemah, atau masih bagus!” tunjuk Sarjono. Bila masih bagus, cukup bersihkan dengan bensin agar kerak yang menempel bisa hilang.

Cek kelistrikan saat beli motor bekas juga harus mrbyasar ke kondisi aki. Apakah masih bagus atau tidak. Cek menggunakn voltmeter, bila masih di angka 12,4 – 13 volt, artinya aki masih bagus. Lakukan pengecekan ini, saat motor dalam keadaan menyala. Agar terlihat juga pengisian ke aki dari spul dan kiprok.

Pengetesan aki, juga bisa dilakukan manual dengan cara, starter motor beberapa kali, bila starter enggak bikin motor menyala, bisa ada dua indikator, aki lemah dan fungsi kiprok mulai menurun. Kiprok mulai menurun, bisa bikin lampu utama redup. Bila ini terjadi, mending diganti kiproknya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular