Awas, Beda Cara Pakai Chain Lube Rantai Biasa dengan Rantai Warna!

Motorplus - Kamis, 4 Agustus 2016 | 05:33 WIB

Pastinya muncul pertanyaan, dalam memilih cairan pelumas rantai atau chain lube, apakah ada perbedaan atau tidak? Ternyata sama tetapi secara perlakuan beda sob!

“Intinya sih chain lube itu fungsinya sama, yang terpenting adalah sebelum cairan pelumas rantai tersebut disemprot ke rantai yang ada O ringnya, kudu dibersihkan dulu pakai kain lap,” tukas Henry Cristian punggawa Immax Speed Shop di kawasan Kebon Jeruk 3, Jakarta Pusat yang rajin memasukkan pilihan rantai untuk motor-motor baru.

Pada umumnya mekanik mencuci rantai dengan cairan semacam bensin atau solar sebelum diberi chain lube. “Kalau rantai yang enggak dilengkapi dengan O ring sih enggak apa-apa, tetapi jika pakai O ring, hukumnya haram. Karena O ring bahannya biasanya semacam karet dikhawatirkan ada reaksi kimia jika terkena bensin atau solar, yang bikin O ring rusak,” tambah Dwi Sulistyo Nugroho kepala bengkel TDR Technology Canter di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Lalu bagaimana dengan rantai warna? “Kalau rantai warna sih sebenernya cenderung bebas perawatan. Karena dari kemasan sanannya rantai tersebut sudah diberi gemuk, jadi kalau kotor tinggal dilap saja, kalau kurang yakin baru deh pakai chain lube,” tutup Henry. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular