Penyebab Sirkuit Red Bull Ring Diklaim Bahaya Untuk Balap Motor

Motorplus - Kamis, 11 Agustus 2016 | 05:00 WIB

Sirkuit Red Bull Ring di Austria yang akan mementas MotoGP seri X disebut berbahaya oleh beberapa pembalap. Sejatinya sirkuit ini didesain untuk bisa menggelar balap mobil dan motor. Namun, dari desain layout nampaknya Red Bull Ring lebih cocok untuk balap mobil Formula 1 yang lebih baik daya cengkramnya.

Jorge Lorenzo bilang ada trek lurus panjang yang membuat motor melaju di atas 300 km/jam. Namun, untuk memperlambat ke 60 km/jam hanya ada 250 meter titik pengereman. Ini menyebabkan rem akan bekerja sangat keras. "Bagiku itu adalah tikungan tusuk konde yang buruk. Mencapai 300 km/jam condong ke sisi kiri yang begitu dekat dengan pagar ketika titik pengereman," papar pembalap dengan nomor hoki 99 ini.

Casey Stoner juga memperingatkan hal lain. "Tidak ada cukup ruang ketika anda terjatuh dari kecepatan 340 km/jam. Terlebih saat terjadi hujan. Jika terjadi gejala 'highside' motor dan anda akan langsung menghantam dinding," sebut Stoner. 

Banyak titik-titik pada trek yang dirancang untuk mobil, dengan celah aspal bukan kerikil. Ini membuat pembalap sepeda motor yang terjatuh akan langsung masuk ke barrier. Sangat mengerikan bukan? "Saya prihatin tentang adanya celah tersebut. Bahkan, beberapa gap tersebut sengaja dicat. Bayangkan jika terjadi hujan, apa yang bakal terjadi," tutup Stoner. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular