Deteksi Tanda Keausan Puli Primer

Motorplus - Minggu, 21 Agustus 2016 | 21:38 WIB

Untuk sobat pembesut motor jenis matik, yang merasa top speed skubeknya itu sudah menurun, coba periksa part yang satu ini. Posisinya di bagian CVT. Yups, namanya puli primer. Part ini bisa mengalami keausan seiring pemakaian.

Deteksi keausan puli primer bukan cuma pada permukaan puli tempat dimana belt dijepit. Tapi, keausan puli primer bisa pula terjadi pada landasan roller. Yakni, landasan roller mengalami pendalaman akibat tergerus roller.

Dari hasil penelitian yang EM-Plus lakukan di Honda Scoopy FI dan Suzuki Skywave, pendalaman yang terjadi pada landasan roller, akan membuat bukaan puli jadi tidak maksimal, sehingga bisa menurunkan top speed sekitar 5 km/jam.

Begitu puli primer diganti baru, kecepatan maksimum langsung kembali seperti semula. Untuk mengetahui apakah telah terjadi pendalaman pada landasan roller, bisa dirasakan pakai ujung jari atau oben min. Akan terasa perbedaan ketinggian antara bagian landasan yang tergerus dan tidak. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular