Cegah Chip RC Valve Honda NSR 150 Koslet

Motorplus - Jumat, 26 Agustus 2016 | 05:30 WIB

Honda NSR 150 yang bermesin 2-tak punya part yang bernama RC Valve. Kerjanya mirip dengan KIPS di motor Kawasaki Ninja 150 yang juga bermesin 2-tak. Bedanya, RC Valve diatur oleh chip sedangkan KIPS tidak. Nah, ada tips untuk cegah RC Valve Honda NSR 150 koslet. 

"Biasanya chip dan servo penggerak yang jebol karena koslet. Penyebabnya, sering karena overcharge pada aki. Ini dipicu dari kiprok yang rusak dan tidak terdeteksi. Kalau chip atau servo rusak sudah pasti pemilik akan keluar duit banyak," ucap Tommy Patria dari bengkel Patria Techno di Jl. M. Yusuf No. 24, Depok 2 Tengah, Jawa Barat.

Bentuk chip RC Valve mirip CDI di motor karburator

Menurut Tommy yang mantan pembalap nasional, cara mencegah chip RC Valve Honda NSR 150 koslet cukup gampang. Cukup pasangkan volt meter universal pada motor. Otomatis tegangan aki bisa terpantau secara real time. "Banyak kok volt meter yang dijual di pasaran. Kalau ada volt meter tegangan aki bisa terpantau terus. Jika kiprok bermasalah bisa terdeteksi. Yang pasti, lebih murah dibandingkan ganti chip dan servo baru," tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular