Rancangan Regulasi Teknik Kelas MP3 Tahun 2017

Motorplus - Jumat, 2 September 2016 | 05:30 WIB

Rancangan regulasi teknik untuk kelas MP3 tahun 2017 mendatang sudah dikeluarkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI). Berbeda dengan tahun ini di mana kelas MP3 adalah kelas untuk Bebek 110 cc Tune Up Pemula A. Di tahun 2017 kelas MP3 akan menjadi kelas Bebek sampai dengan 150 cc 4-Tak Tune Up Mix Pemula A.

Nah, maksud dari kata 'Mix' sendiri adalah campuran. Boleh menggunakan motor jenis injeksi boleh juga pakai motor karburator. Untuk rancangan regulasi teknik kelas MP3 tahun 2017 sebagai berikut :

Kelas Bebek s/ d 150cc 4 Langkah Tune Up Mix Pemula - A ( MP3 )
1. Type engine Vertikal dan Horizontal 
2. Cylinder Head boleh diporting, dipolish, di welding, dirubah bentuk kubahnya dan boleh merubah sudut derajat dudukan klep.
3. Ukuran klep intake maksimum 26 mm untuk type engine 4 klep dan 26 mm untuk type engine 2 klep, sedangkan klep exhaust Bebas.
4. Cam sprocket bebas dan boleh diganti.
5. Crankshaft boleh diperkeras -Hardener, pennya boleh dilas.
6. Material Liner Cylinder Block bebas asal Besi ke Besi.
7. Clutch Starter bebas, boleh di lepas atau dibubut.
8. Transmision Engine maksimum 4 Speed atau gigi persneleng untuk Motor type mesin Horizontal, dan 6 Speed untuk Motor type mesin Vertikal.
9. Carburator dan Injection diperbolehkan ( Carburator dan mesin Horizontal tahun 2018 dilarang karena diharuskan memakai Injection dan Mesin Vertikal di 2018).
10. Maksimum 1 Injector.
11. Maksimum Carburator 30 mm.
12. Maksimum Injection 32 mm Butterfly, 30 mm Barrel.
13. Quick Shifter tidak diperbolehkan.
14. Motor yang asalnya menggunakan Oil Cooler diperbolehkan mengganti dengan yang lebih besar akan tetapi tidak boleh menambah Radiator dan motor yang tidak menggunakan Oil Cooler tidak boleh memasang Oil Cooler.
15. Motor yang asalnya menggunakan Radiator diperbolehkan mengganti dengan yang lebih besar akan tetapi tidak boleh menambah Oil Cooler dan motor yang tidak menggunakan Radiator tidak boleh memasang Radiator.
16. Otomatis tensioner bebas.
17. Motor yang Horizontal diperbolehkan menambah Oil Cooler tapi Radiator tidak boleh.
18. Minimum berat motor adalah 145 Kg dengan ketentuan pembalap dan motor tanpa bensin (Motor Injection)dan 147 Kg (Motor Carburator).
19. Radiator diharuskan menggunakan Air Mineral.
20. Type untuk Rocker Arm adalah Standart.
21. Type untuk Cylinder Head Cover adalah Standart.
22. Type untuk Oil Pump adalah Standart.

(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular