Bagaimana Cara Membaca Ukuran Ban (Bagian 1)

Motorplus - Kamis, 8 September 2016 | 05:15 WIB

 Banyak dari kita melihat ukuran tertera pada ban sepeda motor . Sebenarnya bagaimana cara kita membaca ukuran yang tertera pada ban tersebut?

“Ada dua jenis ukuran ban yang biasa dipakai di motor, yang menggunakan satuan inci dan satuan milimeter, dalam pembacaannya juga berbeda,” buka Misbahul Mujib salah satu pengajar yang ada di SMK N 1 Tengaran, Kab. Semarang Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor.

Pertama kita akan coba membaca ukuran ban dengan satuan inci, sebagai contoh 2.75–18–4PR/42P. “2.75 menunjukkan lebar ban dalam satuan inchi, dan 18 menunjukkan garis tengah atau lingkar dalam ban,” jelasnya.

Sedangkan kode 4 PR merupakan spesifikasi teknis ban yang menunjukkan jumlah lapisan penguat atau Ply Rating. “Untuk angka 42 menyatakan beban maksimal ban dan P menyatakan batas kecepatan yang diijinkan dari ban tersebut,” tutupnya dengan mengacu batas kecepatan P 150 km/jam. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular