Pasang Volt Meter Agar RC Valve Honda NSR Lebih Awet (Bagian 2)

Motorplus - Senin, 2 Januari 2017 | 11:15 WIB

Tommy Patria menuturkan kalau sistem katup RC Valve di Honda NSR 150 harus dirawat khusus. Kalau tidak gampang bermasalah. Merawatnya sobat bisa pasang volt meter agar RC Valve Honda NSR lebih awet. Sebab penyebab utama servo dan chip penggerak RC Valve rusak, karena masalah pada kiprok atau regulator. Kiprok yang rusak membuat listrik tidak stabil dan aki overcharge atau drop. Jadi masalah karena terkadang kerusakan pada kiprok sulit dirasakan.

“Lebih baik, pasang voltmeter di motor untuk memantau kondisi kelistrikan. Dengan begitu, kondisi kelistrikan motor bisa dipantau real time. Kalau listriknya tidak normal langsung dicek dan betulkan. Ini memperpanjang umur sistem RC Valve. Sebab, servo dan chip sangat sensitif dan mudah koslet jika ada masalah kelistrikan,” tambah Tommy yang kasih nama bengkelnya Patria Techno.

Voltmeter digital banyak dijual di toko variasi. Tinggal pilih model dan harganya yang cocok. Cara pasangnya juga gampang. Sambung kabel merah dari voltmeter ke arus positif kunci kontak. Sedangkan kabel hitam, bisa sambungkan ke kabel negatif ataupun rangka. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular