Modifikasi Bore Up Yamaha Mio Soul Pacuan Balap FFA

Motorplus - Selasa, 22 November 2016 | 05:30 WIB

Turun di kelas FFA, langkah bore up dilakukan, menggunakan piston dari Moto1 yang punya diameter 66 mm. Pada piston ini, dibikin dome setinggi 3 mm. Sedangkan jarak mendem piston dari bibir silinder saat berada di TMA, dikasih sejauh 0,5 mm (paking blok terpasang). Kala diburet, rasio kompresinya terukur sebesar 12,5 : 1. Sengaja perbandingan kompresi tak terlalu tinggi, agar power mesin bisa smooth.

Langkah stroke up juga dilakukan supaya torsi mesin lebih nendang. Caranya, dengan menggeser big end sejauh 3 mm. Sehingga total langkah piston naik-turun bertambah 6 mm, jadi 63,9 mm (standar 57,9 mm). Jika dihitung menggunakan rumus, kapasitas silindernya membengkak jadi 218,5 cc, atau dibulatkan 220 cc. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular