Upgrade Performa Motor Harian Rasa Liaran (Bagian 2 Habis)

Motorplus - Jumat, 23 Desember 2016 | 05:06 WIB

Kawasaki Ninja 150 RR yang dipakai harian ini tembus 38.65 HP ketika dites di atas mesin Dynojet 250i. Bikin pesarasan rahasia apa di balik upgrade performa motor harian inihingga rasanya mirip motor liaran. Yuk kita simak ulasannya. 

Power segitu didapat, tentu berkat oprekan di mesin. “Padahal korekan di head enggak terlalu ekstrim. Cuma papas head 0,5 mm buat makin kompresi. Ketika diburet, didapat volume headnya terukur sebanyak 16 cc,” bilang Ahmad Junaidi alias Jun, mekanik dari D2M di Jl. Raya Kapin, No. 1, Kalimalang, Jakarta Timur.

Piston mengaplikasi standarnya yang punya diameter 59 mm. Sedangkan, langkah pistonnya ditambah menggunakan pen stroke ber-offset 0,8 mm (naik-turun jadi 1,6 mm). “Jika dihitung menggunakan rumus, kapasitas silindernya naik menjadi 153 cc,” ungkap mekanik D2M yang sedang mencari pasangan hidup ini.

Sedangkan di blok mesinnya, lubang exhaust dikorek selebar 41 mm dan tinggi 30 mm. Lalu, kompresi bawah dibikin sedikit lebih padat menggunakan kruk as kepunyaan Kawasaki Ninja 150 ZX, yang punya bandul di kruk asnya.

Untuk bagian pengkabutan, venturi karburator bawaan motor, direamer jadi 33 mm. Untuk pilot jet dan main jet-nya, Jun andalkan kombinasi 58/150. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular