Persiapan Emergency Ketika Adventure (Bagian 1)

Motorplus - Kamis, 22 Desember 2016 | 17:28 WIB

Mengikuti event atau kegiatan adventure biasanya medan yang dilalui bukan medan yang wajar. Tapi uniknya, justru jalur ekstrem yang dicintai adventurer. Karena sering melibas jalur ekstrem, sobat harus mempersiapkan hal-hal yang mungkin saja terjadi. Termasuk persiapan emergency ketika adventure

Tidak sedikit juga motor yang sudah dipersiapkan sebelum berangkat justru terjadi kerusakan di tengah perjalan. Ambil contoh hal kecil ban bocor atau rantai putus.

Tenang, tidak perlu bingung. Em Plus bakalan mengupas tuntas apa saja perlengkapan yang bisa dibawa dan dijadikan peralatan darurat disaat terjebak di tengah hutan dan jauh dari bengkel. Yuk kita simak satu persatu.

1.    Stopper Ban
Part yang satu ini sebaiknya dipasang sebelum berangkat, karena fungsinya untuk menjaga tekanan ban meskipun ban bocor.

2.    Pompa Darurat
Alat ini berfungsi sebagai pengisi tekanan ban, biasanya tekanan ban dikurangi hingga 9-11 psi ketika melewati medan yang merlumpur tapi bersifat keras dan licin (lempung). Setelah melewatinya sangat dibutuhkan alat pompa, ada juga yang menggunakan pompa darurat dari busi dengan memanfaatkan angin kompresi dari motor dan alat ini sangat praktis untuk dibawa.

3.    Tali track down
Fungsinya hanya untuk menarik motor yang sedang terjebak di lumpur atau ketika akan motor tidak kuat melewati tanjakan, tali ini lebih mudah penggunaannya dibandinkan tali tampar atau kawat.

4.    Kancingan Rantai
Part yang satu ini memang sangat sepele, tapi menurut sumber Em Plus yang pernah mengalami kehilangan kancingan rantai jelas tidak bisa melanjutkan perjalanan. Biasanya kancingan terlepas ketika setelah melewati bebatuan, untuk mudahnya siapkan saja kancingan rantai menurut kendaraan masing-masing yang bisa ditaruh pada jari-jari pelek.

5.    Oli bekas
Tanah berlumpur sudah pasti identik dengan yang namanya adventure, terlebih ketika cuaca setelah hujan. Melewati medan yang berlumpur sudah pasti rantai akan penuh dengan lumpur, kalau hanya sekedar dibersihkan nantinya rantai akan mongering. Sebaiknya setelah dibersihkan ditempat langsung siram dengan oli bekas. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular