Modifikas Blok Silinderi Yamaha Jupiter MX 135LC Juara Di Kiprah Perdana

Motorplus - Rabu, 28 Desember 2016 | 05:45 WIB

Untuk memenuhi regulasi kelas Bebek Tune Up 150 cc Mesin Berdiri, Jupiter MX 135LC 2010 ini dibore up pakai piston SCK diameter 57 mm. Jika dihitung menggunakan rumus, kapasitas silindernya jadi pas 150 cc.

Piston ini, punya dome setinggi 3 mm. Lalu jarak mendem pinggir piston dari bibir blok diset 0,5 mm (tanpa paking head). Ketika diburet, rasio kompresinya 13,8 : 1.

Mengimbangi kapasitas silinder yang telah bengkak, klep diganti pakai ukuran 22/19 mm (in/ex). Kemudian kemnya dikustom dengan durasi kembar 280°, baik bagian in maupun ex-nya.

“Hitungannya, kem in membuka 35° BTDC (sebelum TMA) dan menutup di 65° ABDC (setelah TMB). Kem ex-nya membuka 65° BBDC (sebelum TMB) dan menutup di 35° ATDC (setelah TMA),” beber Paujan alias Jantuk, yang menangani mesin Jupiter MX 135LC dari KMRT. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular