Tukang Ojek Nyentrik Hiasi Objek Wisata

Motorplus - Jumat, 13 Januari 2017 | 05:01 WIB

Belum lama ini kawasan wisata Batur Raden, Purwokerto, Banyumas memperkenalkan salah satu obyek wisata terbarunya. Obyek wisata Curug Jenggala yang berada di, Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas ini resmi dibuka November tahun lalu. Keindahan alam yang menyajikan pesona air terjun sekaligus ini menjadi destinasi wisata baru yang belakangan ini ramai diserbu pengunjung. Menariknya objek wisata di Purwokerto ini dihiasi tukang ojek nyentrik.

Sebenarna bikers yang menuju lokasi dengan kuda besi semplakannya juga banyak. Namun, demi ketertiban motor hanya sampe lokasi pembelian tiket dan diparkir di sekitaran pintu masuk Curug Jenggala. Masih sekitar 1 kilo menuju Curug Jenggala.

Nah, di situlah ada tukang ojek nyentrik. Yup ada Tukang Ojeg Pangkalan (TOP) berpakaian khas adat Jawa yang siap antar sampai lokasi. TOP ramah berpakaian Surjan "Pangageman Takwa / Pakaian Takwa" yang dirancang oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, kemudian oleh raja-raja Mataram pakaian takwa ini dipakai hingga sekarang ini.

Setelah perjanjian Giyanti, Sultan HB 1 menegaskan bahwa untuk Ngayogyakarta akan melanjutkan saja pengageman takwa dari Mataram yang suda ada. “Pada akhirnya pakaian Surjan ini menjadi baju adat khas masyarakat Banyumas pada khususnya dan masyrakat Jawa Tengah pada umumnya. Demi untuk melestarikan budaya maka kami selaku TOP obyek pariwisata Curug Jenggala memakai baju Surjan sebagai seragam kami,” bilang Turyono salah satu TOP Curug Jenggala. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular