Ganti Oli Enggak Perlu Buka Baut Carter

Motorplus - Rabu, 11 Januari 2017 | 18:27 WIB

Sobat belum pernah dengar kan proses ganti oli sistem sedot untuk motor? Kalau di mobil sih biasanya dilakukan pada girbox matiknya. Nah, trik ini sudah dilakukan di motor juga loh. Jadi sistem ganti olinya enggak perlu buka baut carter.

Penggagasnya adalah PT Surganya Motor Indonesia (SMI), yang diaplikasi di semua gerai Planet Ban mereka. Proses kuras oli mesin sistem sedot ini sudah EM-Plus buktikan lumayan cepat di gerai Planet Ban Margonda, Depok, Jawa Barat.

"Sekarang buang oli lama gak perlu buka baut pembuangan oli di bawah mesin. Melainkan kini disedot pakai alat khusus yang terhubung dengan kompresor. Dari alat ini ada slang penyedot yang dimasukkan ke lubang pemasukkan oli. Prosesnya lebih cepat dibanding ngetap oli lewat baut carter," bilang Rahmat, salah satu teknisi Planet Ban Margonda.

EM-Plus jadi teringat ucapan Firmansyah, Product Manager SMI beberapa waktu silam. "Langkah ini untuk menghindari drat baut carter atau drat dudukan bautnya slek akibat sering dibuka pasang. Karena sering kejadian, mekanik pasang bautnya miring, lalu dipaksa dikencangkan. Ya pasti slek lah," ujarnya saat itu.

Iya juga ya! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular