Bikin Gir Bekas Jadi Penggerak Persneling

Motorplus - Senin, 16 Januari 2017 | 05:05 WIB

Memanfaatkan barang bekas dalam modifikasi memiliki kepuasan tersendiri. Seperti yang dilakukan oleh GuGun Giyathul dari Galuh Kustom. Gugun memanfaatkannya dengan bikin gir bekas jadi penggerak persneling. Trik ini jadi karya unik di motor modifikasi garapannya.

"Saya coba menggunakan gir depan yang sudah tidak terpakai, gerakan bisa lebih lembut, " ujar modifikator dari daerah Baregbeg, Ciamis Jawa Barat ini.

Pertama siapkan dua buah gir dan rantai beberapa mata. Rantai digunakan untuk menggerakan kedua gir. Gir pertama dibuatkan bos dan disambungkan dengan tuas pengungkit. Yang kedua dibuatkan dari plat untuk menyambungkan pada as persneling. Karena Gugun menerapkan step yang mengharuskan kaki selonjor, maka dibutuhkan batang yang sedikit panjang untuk menyambungkan dengan as persneling. Dibantu dengan las listrik, kedua dipasang sejajar. Sebelumnya harus dipaskan terlebih dahulu dengan panjang rantai.

Setelah mengikuti cara bikin gir bekas jadi penggerak persneling dan semuanya sudah terpasang, dicoba apakah gerakannya normal atau harus diatur ulang. Posisi rantai jangan terlalu kendur agar gerak tuas reaponsif. Gerakan tuas jika pemasangan pas akan lebih halus dan tambah gaya tentunya. Biar lebih jelas bisa konsul langsung nih ke nomor 081388968788 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular