Mengerem Pakai 1 Atau 2 Jari?

Motorplus - Selasa, 17 Januari 2017 | 05:10 WIB

Sobat pasti pernah melihat bikers pegang handle rem kanan saat berkendara pasti berbeda-beda kan? Ada yang mengerem pakai 1 atau 2 jari. Bahkan, di dunia balap ada juga yang menggunakan sampai 3 atau 4 jari sekaligus untuk menahan laju motor.

Nah, Arrieffairy dari Riders Ninja Bekasi yang menjabat sebagai Humas pun memberi penjelasan perbedaannya. "Lebih bagusnya 2 jari. Ini lebih kuat dari 1 jari saat refleks mengerem," sebut pria yang juga sering edukasi safety riding di club nya. Teori ini masuk akal karena tekanan 2 jari lebih kuat menekan handle rem.

Tapi, doi pun enggak menyalahkan riders yang terbiasa mengerem pakai 1 jari. "Itu tergantung kebiasaan saja," tukas pria yang bekerja sebagai Manager di perusahaan besi ini. (Baca juga : Marc Marquez Bocorin Cara Ngerem Ke Pembalap Indonesia)

Saat hadir ke Indonesia beberapa bulan lalu, Juara Dunia MotoGP Marc Marquez juga sempat membahas perbedaan teknik mengerem ini. Marquez menuturkan mau pakai 1 atau 4 jari sekalipun sebenarnya sama saja. Semua tergantung feeling dan kebiasaan si riders itu sendiri. "Ada yang mengerem pakai 1 sampai 4 jari sekaligus. Sebenarnya bebas saja tergantung kebiasaan dan feelingnya. Yang penting teknik mengeremnya benar," beber Marquez. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular