Flushing Radiator Agar Pendinginan Optimal (Bagian 2)

Motorplus - Sabtu, 21 Januari 2017 | 05:30 WIB

Untuk mengganti cairan pendingin, gak bisa langsung tuang ganti baru, ada tahapannya. Pria berkaca mata ini menuturkan, harus dilakukan flushing sisa-sisa coolant lama terlebih dulu. “Cara flushingnya mesti benar. Jika tidak, nanti bakal menimbulkan endapan yang bisa menggangu sistem radiatornya,” tambahnya.

Sebelum radiator dikuras, tunggu mesin dalam keadaan benar-benar dingin atau setidaknya 2 jam. Drain isi radiator, termasuk di dalam tabung reservoir, dengan membuka petcock atau baut drainnya. Tapi ingat, sobat jangan lupa pakai sarung tangan ya, untuk menghindari kontak dengan coolant, karena beracun. Bila motor mempunyai baut yang berada di blok mesin, jangan lupa dibuka juga ya sob.

Untuk proses pembilasan, pastikan baut drain sudah terlepas dan masukkan air keran melalui tutup radiator. Bisa menggunakan air dari keran melalui slang hingga larutan yang keluar sudah benar-benar bersih. Kalau sobat punya alat refractometer untuk melihat masih adanya glycol yang tersisa atau tidak itu lebih baik. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular