Jangan Sepelekan Bracket Knalpot

Motorplus - Rabu, 8 Februari 2017 | 05:10 WIB

Knalpot aftermarket yang sudah banyak dijual di pasaran dilengkapi dengan bracket, atau yang biasanya dilihat untuk penyanggah silencer knalpot variasi. Tapi yang pernah Em Plus jumpai adalah pebengkel yang justru memasang tanpa bracket. Jelas ini salah, jangan sepelekan bracket knalpot.

Memang terlihat sepele, tapi akibat yang dialami bakalan patah di bagian leher knalpot tuh. “Wajar, knalpot sendiri mempunyai bobot yang berat. Tidak mungkin jika hanya ditopang 2 baut yang mengunci di silinder head saja,” bilang Andy Hariyanto juragan Andy Speed Racing Muffler.

Kasusnya dicontohkan dengan kita sendiri yang menopang knalpot, caranya dengan memegang ujung pipa knalpot. Hasilnya pasti berat dong, terlebih jika silencer tebal dijamin makin berat.

“Itulah kenapa knalpot wajib dibekali bracket, tujuannya supaya penahan atau penopang knalpot ada 2 bagian. Di silinder head dan bagian silencer, dijamin aman,” tambah pria yang membuka workshop di Medokan Sawah 64 Surabaya.

Selain itu, fungsi bracket knalpot ditujukan untuk menjaga kestabilan knalpot ketika melewati jalanan berlubang atau bergelombang. Beda cerita dengan knalpot bawaan pabrik yang sudah dibekali dengan bracket yang terhubung dengan swing arm. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular