Modifikasi Kawasaki Ninja 150 RR Juara Modal 7 Juta

Motorplus - Selasa, 14 Februari 2017 | 05:59 WIB

Balap fun race enggak selamanya mahal untuk bisa jadi juara. Nih salah satu contohnya, Kawasaki Ninja 150R garapan bengkel DMC Mimaki Bintang Cargotama. Hanya bermodalkan Rp 7 juta untuk oprek mesinnya, motor yang dipacu Imron podium pertama di kelas Sport 150 cc 2-tak Pemula B, baru-baru lalu di sirkuit Sentul, Bogor.

Enggak percaya? Coba nih dibaca sampai habis!

Headnya dioprek dengan memapas bibir head sebanyak 1,5 mm. Squishnya dibuatan nut setinggi 0,3 mm dengan kemiringan 14°. Ketika diburet, didapat volume head-nya sebanyak 14,8 cc. Di bagian ini, lubang exhaust dikorek dengan lebar 41 mm dan tinggi 30 mm. Lalu, untuk mengail kompresi bawah supaya lebih padat, Widodo menggunakan kruk as kepunyaan Kawasaki Ninja ZX.
“CDI pakai kepunyaan Kawasaki Ninja 150 ZX yang berkode 1454. Pemantik apinya, pakai koil Yamaha YZ 125. Biar lebih gesit, magnet dikurangi bobotnya hingga menjadi 1.300 gram, standarnya 1.450 gram,” papar Widodo, tuner DMC Mimaki Bintang Cargotama. Part pengabut bahan bakar menggunakan karburator kepunyaan Kawasaki Ninja 150R, yaitu Keihin PWL 26. Direamer jadi 30 mm. Untuk pilot jet dan main jet, menggunakan ukuran 55/155. Semuanya kalau ditotal, cuma menghabiskan budget Rp 7 juta saja.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular