Bahaya Melintasi Rel Kereta Api Dimusim Hujan

Motorplus - Senin, 20 Februari 2017 | 16:40 WIB

Musim hujan seperti sekarang membuat jalanan menjadi licin, tidak terkecuali rel kereta api yang sejatinya terbuat dari besi. Terkena air hujan justru makin licin pastinya, untuk melewati rel kereta api juga jangan sembarangan jika tidak ingin celaka. Sebab bahaya melintasi rel kereta api dimusim hujan.

Kejadiannya sudah banyak terjadi di rel kereta api, terlebih ketika rel menjadi basah karena hujan. Kebanyakan biker justru mengabaikan cara melewati rel KA, hasilnya justru terjatuh.

“Biasanya hal tersebut dikarenakan pengendara mengikuti jalur kereta api, dan itu yang membuat gesekan ban terhadap rel kondisi basah tidak bisa diserap oleh ban. Makanya banyak kejadian terjatuh di rel ketika hujan,” bilang Dimas Putra Satria Kelana Instruktur Safety Riding PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

Untuk itu, ada trik tersendiri untuk melewati rel kereta api supaya tidak terjatuh. “Ada baiknya melintasi rel dengan cara menyilang, dan jangan mengikuti jalur rel supaya ban masih bisa menapak sempurna,” tambah pria yang sudah mewakili Indonesia di ajang safety riding Jepang.

Selain itu, untuk teknik pengereman disarankan supaya tidak menggunakan rem depan ketika melintas rel. Lebih ke penggunaan rem belakang untuk mengindari terpeleset di jalur kereta api. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular