Atasi Drat Magnet Byson Slek

Ryan Tambun - Rabu, 31 Mei 2017 | 14:39 WIB

Drat magnet selek berakibat fatal, spi magnet putus dan motor pun mogok akibat pembacaan pengapian menjadi kacau.

Ini dialami Aji pemilik Yamaha Byson 2010.

“Habis ganti stang piston, 2 hari langsung mogok,” ucap Aji kepada Em Plus saat bertemu di bengkel JTF Junior di Jl. Raya Sumber Jaya, Tambun, Bekasi Selatan. Saat di bongkar oleh Henri Tri Putra sang punggawa, terlihat tanda TOP magnet sudah bergeser.

Dan benar saja, saat bak magnet dibuka, terlihat mur pengencang magnet sudah kendur dan spi sampai putus.

(BACA JUGA : Akali Sil Magnet Honda BeAT POP Bocor)

“Ini saat dikencangkan terlalu kencang, makanya drat di kruk as selek,” ucap mekanik gempal ini. Enggak mau kasus terulang, langsung saja belah mesin dan membawa kruk as ke tukang bubut dan dibuatkan drat baru. Tapi, berbeda dibanding drat aslinya, doi membuang drat lama yang selek dan dilakukan center kruk as lalu dibor bagian tengahnya sepanjang 30 mm.

Setelah dilakukan pengeboran, buat drat untuk ukuran baut 14 mm.

“Jangan baut 12 mm ya, gak bakal kuat. Kedalaman pengeboran minimal 30 mm agar baut kencang memegang magnet dan gak mudah selek,” wantinya.

Doi membuat model macam Honda GL ini bukan tanpa maksud, karena pernah drat magnet asli ditap ulang eh malah selek lagi.

“Maklum, berat magnet Byson termasuk lumayan, makanya baut harus benar-benar kuat,” tutupnya. Oh iya, jangan lupa kencangkan baut pakai kunci Torsi dan set ke angka 75 Nm (7,5 kg-m).

Aman dari copot sekarang sob. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular