Seluk-Beluk Dunia Calo Balap Liar

Teguh - Selasa, 6 Juni 2017 | 06:11 WIB

“Boskuh, motor lau gue sparingin ya sama motor yang Ninja merah, Main goceng, ceban aja boskuh, hitung-hitung partai persahabatan”……

Kutipan di atas adalah bahasa yang biasa digunakan calo balap liar.

Atau bisa dibilang calo balap liar, kerjanya bak siluman, tak terlihat tapi punya peran penting mensukseskan adu kebut balam 500 meteran.

Calo balap liar bisa dari berbagai kalangan. Bisa dari penikmat adu kebut lurus atau anak bengkel, juga  penonton.

(BACA JUGA: Cegah Aksi Balap Liar, Polisi Laksanakan Razia Subuh di Bulan Ramadhan)

Uniknya lagi, pemilik motor balap pun sekarang banyak yang merambah jadi calo demi motor jagoannya bisa main dengan sparingannya.

Fungsi calo disini mempertemukan motor yang bakal diadu, saingan antarbengkel atau tim tukang sulap, alias tukang selundup motor.

Apa nih? “Maksudnya selundupin motor gini bos. Misalkan motor si A lagi kenceng belum kalah-kalah, pasti lawan-lawannya ogah main, istilahnya pada ngeh penyakit. Nah, fungsi calo disini, gimana caranya motor si A bisa main dengan motor yang lain. He..he.. track record kemenangannya diumpetin hingga dapat lawan,” ungkap narasumber bertubuh besar yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Nah, calo getol cari lawan demi uang! Doi berharap dapat persenan dari motor yang menang. Nominalnya biasanya terserah yang punya motor.

“Tapi, nggak cuma persenan dari yang punya motor. Pas di lokasi, bisa pinggiran juga (taroan dengan penonton di lapangan). Jadi dobel kalau menang ataupun  kalah. Pernah ngantongin Rp 8 juta dalam semalam, Rp 3 juta dari yang punya motor, 5 juta dari pinggiran, gurihh gak tuh,” bangga Andre, salah satu calo internasioal di dunia balap liar.

Tapi, yang paling unik dari si calo ini adalah strategi membaca motor lawan. Dia tahu mana motor yang bancay (pelan) dan mana motor yang banter (kencang).

Jadi, para pasukan P3 alias Para Pencari Pinggiran, pasti mencari info dari si calo, biar nggak kecebur (kalah) atau salah pasang taruhan. Jaringan dari calo ini luas, dia banyak kenal dengan siapa saja yang berhubungn dengan dunia balap liar.

Weis dunia yang menarik ya! Tertarik jadi calo balap liar? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Teguh
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular