Tobat (Tausiyah Bikers Taat) Kiriman Ustad Abie Utsman Al-Mahry, Depok

Motorplus - Selasa, 6 Juni 2017 | 13:25 WIB

Assalaamu'alaikum wrwb. Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Handan wasyukron lillah. Allohumma sholli 'ala sayyidinaa Muhammadin wa ala aalihi, wa shohbihi ajmain.  Amma ba'du.

“Sahabat TAUBAT (Tausyiah Biker Taat, red) yang budiman, semoga kita semua  selalu dalam pemeliharaan serta rahmat-Nya. Dan tetap selalu dalam keberlimpahan kesehatan, kerizkian, kedamaian serta kebahagiaan. Aamiin wal qobuul.

Guru saya memberi nasihat: "Berhentilah saling menghujat hanya karena dosa kita berbeda". Lama saya memahami maksud perkataan beliau.

Saya baru menyadari. Bahwa, semua manusia itu berdosa, tempatnya salah  dan dosa.  Hanya saja Alloh menolong  dan  menjaga kepada Nabi  Besar kita, Nabi Muhammad Sholallohu 'alaihi wasallam.

Sedangkan  kita, tentu pasti pernah, bahkan mungkin sering tersandung perbuatan dosa, disengaja maupun tidak.  Kita ketahui dan sadari, ataupun tidak.

Misalkan, dalam aturan syariat Islam, kalo tidak dalam keadaan 'darurat', diwajibkan berpuasa penuh di bulan Romadhon. Artinya, kalo kita tdk berpuasa, itu berdosa.

Yang menarik, saya mengamati diri saya sendiri, terutama dulu. Saya sering menggunjingkan  dan   menghujat orang yang tidak berpuasa.

Padahal bergunjing atau menghujat itu juga dosa!  Akhirnya, saya  dan dia sama berdosa, cuma dosanya berbeda.  Lebih  konyolnya lagi, kalo kami saling menghujat  satu sama lain.

Dalam  berhidupan  beragama, diajarkan tidak saling menggunjing apalagi menghujat satu sama lain. Karena  dalam konteks dak’wah pun sebenarnya mengajak, bukan menghujat, apalagi menghakimi.

Dalam artian mengajak dengan keikhlasan, kebebasan kepada siapa yang kita ajak dengan keputusan mau atau tidaknya, itu hak mereka. Karena sesungguhnya, hidayah adalah hak preroogratif Alloh kepada siapa diberikan, Itu mutlak kuasa-Nya

Tugas manusia hanya berbuat, baik bukan mendata siapa yang akan masuk surga dan siapa yang akan masuk neraka'. 

Karena sesungguhnya surga dan  neraka adalah hak prerogatif  Alloh. Hanya  dengan rahmat-Nya-lah surga akan dihuni kepada siapa  yang di kehendakinya.

Apapun yang ada pada dalam diri manusia, akan tercerminkan pada perjalanan kehidupannya. Di dalam diri rasa damai bahagia, maka apapun yang keluar dari dirinya adalah rasa kedamaian  dan  kebahagian dan yang di alami dalam kehidupannya pun adalah rasa kedamaian dan Kebahagiaan. Begitu juga kebalikannya.

Nabi besar kita, Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam mengajarkan  dan  mencontohkan untuk selalu memaafkan  dan  berbuat baik, serta mendoakan kebaikan untuk mereka yang menyakiti beliau.

Karena sesungguhnya di dalam memaafkan ada manfaat dan keajaiban yang luar biasa.  

Teruslah berusaha untuk berbuat baik  dan  banyak manfaat bagi orang banyak.  Ketika kelak kita lupa dimana letak benih kebaikan yang pernah kita semai, maka suatu hari hujan akan memberitahu dimana letaknya.

Maka tebarkanlah terus kebaikan, dimanapun dan  kepada siapapun. Karena kita tidak akan pernah tahu dimana & kapan kebaikan itu akan tumbuh.  

Lakukanlah kebaikan walau bukan pada tempatnya, karena kebaikan tidak akan hilang bekasnya  dan  ia adalah anugrah terindah dari cinta kasih sayang-Nya.

Terkadang kita dapatkan balasan kebaikan di dunia ini, atau menjadi Tabungan kelak di akhirat. Jangan kita rampas kebahagiaan seseorang  dan  jangan kita sakiti hati seseorang.

Karena Islam  diturunkan hanya untuk menjadikan  rahmat bagi seluruh alam semesta. Dan tidak Alloh turunkan agama Islam kecuali untuk memperbaiki akhlak. Menjadikan ahklak yang baik,  'Akhlaqul kariimah' sungguh  sudah ada padan diri Nabi Muhammad .

Wal-Afwu mingkum, wassalamu alaikum. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular