Plat Pelindung Gir Belakang Agar Tak Mengunci

Stephen - Selasa, 20 Juni 2017 | 21:25 WIB

Sobat bikers pasti pernah lihat gir belakang motor berpenggerak rantai, ada semacam pelat melingkar di bagian sisi gir. Itu ada fungsinya loh!

Yakni sebagai pelindung.

Wah.. pelindung apa tuh?

Gue sehari-hari naik motor bebek, tapi jarang bahkan tidak pernah perhatikan kalau gir motor ini memiliki pelindung. Di sebelah mananya ya bro?” tanya Soekardi Mahardhianto, pembesut Honda Supra X 125 asal Cirendeu Indah II, Tangerang Selatan.

(BACA JUGA : Update Daftar Biaya Jasa Pengiriman dan Paket Motor )

Sebab ia perhatikan motor-motor yang lagi parkir, terlihat biasa dan sama saja gir belakangnya dengan gir yang ada pada motornya.

Gini, saat Em-Plus berkunjung ke salah satu bengkel, sang mekaniknya coba jelaskan.

“Perhatikan gir belakang pada sisi luar, yang mengarah ke lengan ayun. Ada semacam plat melingkar. Nah, itu dia plat pelindung gir. Penahan tersebut fungsinya untuk mencegah rantai tidak mengunci pada lengan ayun, kala rantai putus atau lepas dari mata gir,” jelas H. Iwan Nurohman, dari bengkel JIONE Motoshop di Jl. H. Abdul Syukur RT.01/RW01, Rawa Buntu, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Pria yang juga menjabat sebagai Penasihat di Yamaha R25 Riders Club Indonesia (YARRCI) ini menambahkan,

“Plat pelindung tersebut benar-benar ada fungsinya. Pernah temen mengalami rantai motornya loncat dari gir, rantai hanya nangkring pada besi tersebut, tidak terjepit di antara gir dengan lengan ayun. Coba bayangkan kalau rantai tersebut sampai mengunci, bisa-bisa ridernya terbang dari motor bro,” sebutnya.

Walah.. bahaya juga ya! (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Stephen
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular